Rancangan Game
Rancangan
Game Code Fight(Tower Defense)
Game Tower defense merupakan
subgenre dari game real-time strategy,
tujuan utama dari game Tower defense adalah untuk
melindungi suatu area agar
tidak sampai dilewati oleh musuh yang berjalan pada jalur
yang sudah ditentukan
dengan cara membangun strategi penempatan tower. Biasanya
tower-tower yang
dibangun memiliki perbedaan dalam keefektifannya saat
menyerang atau
menembak musuh. Pemain akan mendapat poin yang dapat
digunakan untuk
membangun tower dan meng-upgrade tower yang bertujuan
memberi tambahan
damage atau jarak tembak pada tower. Beberapa game Tower
defense yaitu Field
Runner2 , The Utans dan Arcade Defense.
Game Tower defense yang ada
saat ini kebanyakan masih menggunakan
sistem Static-line, yang artinya jalur yang di tempuh
oleh karakter Non Playable
Character (NPC) masih monoton dan tidak dinamis. Dalam gameplay-nya
karakter NPC tidak bisa menyerang tower, hanya bisa
berjalan pada jalurnya saja,
dan tidak dapat berpindah jalur pada saat berhadapan
dengan tower. Dalam
gameplay-nya juga pemain hanya terpaku pada strategi
penempatan tower saja
tidak ada bentuk gameplay lainnya yang membuat game lebih
variatif.
Pada
kesempatan kali ini, penulis membuat game ini lebih berbeda dari game tower
defense lainnya. Yaitu dengan menggunakan sintaks yang biasa digunakan untuk
membuat program/aplikasi tertentu. Game ini dimaksudkan untuk mahasiswa TI
untuk belajar bahasa pemrograman namun dengan cara yang lebih menyenangkan.
Spesifikasi minimum game:
·
OS :
Windows Vista SP2 or Windows 7
·
CPU :
Intel Core2 Duo E8200 2.66 GHz or AMD Phenom X3 8750 2.4 GHz
·
Memory :
2GB for 32-bit OS or 4GB for 64-bit OS
·
Video Card :
Nvidia GeForce 8800GT 512 MB or ATI Radeon HD 3870 512 MB
Di Tower pertahanan, tidak seperti dasar, karakter utama pemain biasanya, tapi tidak selalu, tak terkalahkan, sebagai objek utama adalah kelangsungan hidup dasar daripada pemain.
Beberapa fitur menara pertahanan yang modern:
Gameplay
Unsur-unsur gameplay dasar menara pertahanan adalah:- wilayah atau harta (atau secara kolektif "dasar") yang harus dipertahankan oleh pemain
- dasar harus bertahan gelombang beberapa masuk "musuh" serangan
- penempatan "Menara" unsur-unsur, atau penghalang di sepanjang jalan dari menyerang musuh
Di Tower pertahanan, tidak seperti dasar, karakter utama pemain biasanya, tapi tidak selalu, tak terkalahkan, sebagai objek utama adalah kelangsungan hidup dasar daripada pemain.
Beberapa fitur menara pertahanan yang modern:
- Pemain ditempatkan penghalang yang dapat merusak atau membunuh penyerang musuh sebelum menghancurkan basis
- Kemampuan untuk memperbaiki penghalang
- Kemampuan untuk meng-upgrade penghalang
- Semacam mata uang yang dapat digunakan untuk membeli upgrade dan perbaikan (ini dapat waktu, atau poin pengalaman, seperti yang didapatkan oleh kekalahan unit menyerang
- Musuh mampu melintasi beberapa jalur
- Setiap gelombang biasanya memiliki sejumlah set dan jenis musuh
Karakter
Dalam
game tersebut, user berperan sebagai penyusun tower yang akan melakukan
pertahanan dari AI computer. Sehingga user dapat memikirkan secara matang dan
menggunakan strategi yang dapat memecah algoritma tower defense.
Flowchart
Komentar
Posting Komentar