Rancangan Game




 Rancangan Game Code Fight(Tower Defense)
       
Game Tower defense merupakan subgenre dari game real-time strategy,
tujuan utama dari game Tower defense adalah untuk melindungi suatu area agar
tidak sampai dilewati oleh musuh yang berjalan pada jalur yang sudah ditentukan
dengan cara membangun strategi penempatan tower. Biasanya tower-tower yang
dibangun memiliki perbedaan dalam keefektifannya saat menyerang atau
menembak musuh. Pemain akan mendapat poin yang dapat digunakan untuk
membangun tower dan meng-upgrade tower yang bertujuan memberi tambahan
damage atau jarak tembak pada tower. Beberapa game Tower defense yaitu Field
Runner2 , The Utans dan Arcade Defense.
Game Tower defense yang ada saat ini kebanyakan masih menggunakan
sistem Static-line, yang artinya jalur yang di tempuh oleh karakter Non Playable
Character (NPC) masih monoton dan tidak dinamis. Dalam gameplay-nya
karakter NPC tidak bisa menyerang tower, hanya bisa berjalan pada jalurnya saja,
dan tidak dapat berpindah jalur pada saat berhadapan dengan tower. Dalam
gameplay-nya juga pemain hanya terpaku pada strategi penempatan tower saja
tidak ada bentuk gameplay lainnya yang membuat game lebih variatif.
            Pada kesempatan kali ini, penulis membuat game ini lebih berbeda dari game tower defense lainnya. Yaitu dengan menggunakan sintaks yang biasa digunakan untuk membuat program/aplikasi tertentu. Game ini dimaksudkan untuk mahasiswa TI untuk belajar bahasa pemrograman namun dengan cara yang lebih menyenangkan.




Spesifikasi minimum game:
·         OS                  : Windows Vista SP2 or Windows 7
·         CPU               : Intel Core2 Duo E8200 2.66 GHz or AMD Phenom X3 8750 2.4 GHz
·         Memory          : 2GB for 32-bit OS or 4GB for 64-bit OS
·         Video Card    : Nvidia GeForce 8800GT 512 MB or ATI Radeon HD 3870 512 MB


Gameplay

Unsur-unsur gameplay dasar menara pertahanan adalah:
  • wilayah atau harta (atau secara kolektif "dasar") yang harus dipertahankan oleh pemain
  • dasar harus bertahan gelombang beberapa masuk "musuh" serangan
  • penempatan "Menara" unsur-unsur, atau penghalang di sepanjang jalan dari menyerang musuh
Yang membedakan menara pertahanan dari dasar membela permainan lainnya (seperti Space Invaders) adalah kemampuan pemain untuk strategis tempat atau membangun penghalang di jalur menyerang musuh.
Di Tower pertahanan, tidak seperti dasar, karakter utama pemain biasanya, tapi tidak selalu, tak terkalahkan, sebagai objek utama adalah kelangsungan hidup dasar daripada pemain.
Beberapa fitur menara pertahanan yang modern:
  • Pemain ditempatkan penghalang yang dapat merusak atau membunuh penyerang musuh sebelum menghancurkan basis
  • Kemampuan untuk memperbaiki penghalang
  • Kemampuan untuk meng-upgrade penghalang
  • Semacam mata uang yang dapat digunakan untuk membeli upgrade dan perbaikan (ini dapat waktu, atau poin pengalaman, seperti yang didapatkan oleh kekalahan unit menyerang
  • Musuh mampu melintasi beberapa jalur
  • Setiap gelombang biasanya memiliki sejumlah set dan jenis musuh
Karakter
Dalam game tersebut, user berperan sebagai penyusun tower yang akan melakukan pertahanan dari AI computer. Sehingga user dapat memikirkan secara matang dan menggunakan strategi yang dapat memecah algoritma tower defense.

Flowchart
 

Komentar

Postingan Populer